Mengungkap Fakta Dibalik Berita

200 SMP Negeri dan Swasta di Palembang Laksanakan USBN

0 90

PALEMBANG, rakyatrepublika.com – Sebanyak 200 SMP negeri dan swasta di Palembang melakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Untuk USBN tahun ini, sebagian soal USBN ini  75 persen diperoleh dari tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kota Palembang dan 25 persen dari Pemerintah pusat.

Kabid SMP kota Palembang Herman Wijaya mengatakan, sebelum menghadapai Ujian Nasional (UN), sesuai kalender pendidikan, para siswa  harus mengikuti USBN.

“Soal yang diberikan dibuat oleh MGMP dan bentuknya sama seperti soal UN, bedanya kalau soal UN Nasional semua soal sama, tapi kalau USBN ini disesuaikan dengan Kabupaten atau daerahnya masing-masing yang ada MGMP nya,” katanya.

Ditambahkan Herman, USBN yang diujikan meliputi semua mata pelajaran dan dalam satu hari ujian dilakukan dengan dua mata pelajaran.” Untuk pelaksanaan sendiri dilakukan selama 4 hari dari 16 -19 April mendatang, setelah mengikuti USBN. Lalu pada tanggal 23 April nanti mereka mengikuti UN tingkat SMP 2018,” jelasnya.

Dalam pagelaran USBN sendiri, tambah Herman, masih manual dan berbeda dengan UN yang sebagian SMP nya sudah melaukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).” Selain itu akan dilakukan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” pungkasnya.

Reporter : Hasan Basri
Editor   : Mella

Leave A Reply

Your email address will not be published.