Mengungkap Fakta Dibalik Berita

40 Peserta Ikuti Workshop EMIS PAI

0 115

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-
Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) menggelar Workshop EMIS Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan tersebut digelar pada tanggal 26 hingga 28 Maret 2018 di Hotel RIO Palembang yang diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Operator Emis dan Guru PAI se-Sumatera Selatan.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan H.M. Alfajri Zabidi dengan menyambut baik digelarnya kegiatan ini. Dia berharap, melalui kegiatan ini kualitas operator EMIS dalam mengelola data semakin meningkat.

“Untuk meningkatkan kualitas pendataan dengan mengunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diperlukan keahlian di bidang teknologi. Operator EMIS baik di satuan pendidikan atau lembaga di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota, Kemenag Provinsi maupun di Kemenag pusat memiliki peran yang sangat menentukan. Dalam mengelola data, operator EMIS harus menghasilkan data yang lengkap, akurat, relevan, dan tepat waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) H. Muhammad Ali menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendataan guru dan pengawas PAI melalui EMIS. Juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta selaku operator EMIS.

“Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari operator EMIS PAI dan guru PAI dari kabupaten/kota se-Sumsel. Mereka akan digodok untuk mempelajari sejumlah materi seperti Sistem Informasi PAI, Prinsip Pendataan, Optimalisasi Pendataan dan Statistik Data Emis PAI, Teknik Pendataan Emis, Manfaat Data Emis, serta Sinergi Data Emis PAI dengan program PAI Kanwil,” ujarnya.

Dikatakannya, EMIS sendiri merupakan suatu sistem manajemen pendukung yang berfungsi untuk menyediakan data yang akurat, lengkap dan tepat waktu dalam bentuk aplikasi. Hal yang sangat penting dalam pendataan EMIS yakni pengambil kebijakan dalam perencanaan program anggaran dan program pendidikan misalnya Bantuan Operasional Sekolah, Program Indonesia Pintar, dan Tunjangan Profesi Pendidikan.

Selain itu lanjutnya, sebagai syarat lembaga Pondok Pesantren, Diniyah, dan Lembaga Pendidikan Al Qur’an yang ingin mengajukan bantuan, dan syarat guru dan pengawas PAI dalam pengajuan berbagai bentuk kerjasama Program Kementerian Agama.

Dia mengatakan, tujuan digelarnya Workshop EMIS PAI untuk meningkatkan kualitas pendataan guru dan pengawas PAI melalui EMIS, serta menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta Workshop EMIS PAI dalam melaksanakan tugas sebagai operator.

“Workshop EMIS ini untuk meningkatkan kualitas pendataan guru dan pengawas. Untuk materi yang akan diberikan pada Workshop ini yaitu Sistem Informasi Pendidikan Islam, Prinsip Pendataan, Optimalisasi Pendataan dan Statistik Data EMIS PAI, Teknis Pendataan EMIS, Manfaat Data EMIS, serta Sinergi Data EMIS PAI dengan Program PAI Kanwil,” pungkasnya.

Reporter : Hasan Basri
Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.