Mengungkap Fakta Dibalik Berita

900 Peserta Ikuti Simulasi Try Out Ikagamass

0 127

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Untuk membekali siswa/ dalam menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini sebanyak 900 peserta SMA/SMK sederajat perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti simulasi try Out Ikatan Keluarga Mahasiswa UGM Sumsel (Ikagamass), Minggu (21/1/2018).

Kegiatan tersebut diadakan secara serentak di dua tempat yakni di Palembang berjumlah berkisar 600 peserta yang di pusatkan aula Kantor Gubernur Sumsel dan di kabupaten Lahat berjumlah 300 peserta.

Ketua panitia Try Out Ikatan Keluarga Mahasiswa UGM Sumsel Ikagamass Ahmad Tony Rifai mengatakan pendaftaran simulasi ini ditutup sejak minggu lalu dengan jumlah 600 peserta dari SMA/SMK yang mau mengikuti simulasi try out UGM. Dalam ujian try out, diantaranya para siswa memilih 400 peserta untuk Saintek dan 200 peserta untuk Soshum. “Ujian try out ini banyak diikuti para peserta rata-rata kota Palembang, namun ada juga beberapa peserta dari Indralaya, Prabuhmulih dan kabupaten lainnya,” katannya kepada awak media.

Lanjutnya, pada simulasi tahun ini ada dua tempat yang diselenggarakan yakni Palembang 600 peserta dan Lahat 300 peserta. “Mengenai soalnya ujian ini kita mendatangkan atau membawa langsung dari Kota Jogyakarta, dimana kerja sama soal tersebut mengajak lembaga bimbingan belajar paling top di kota Jogjakarta yang bernama bimbingan Neutron, alhamdulilah agenda ini sudah tahun kelima, jawaban mereka akan dibawa ke Jogya dan akan langsung diberitahukan,” jelasnya.

Untuk jumlah soal simulasi try out, kata Tony, dimana untuk ujian soal mencakup semua mata pelajaran yang ada di SBMPTN, yakni soshum dan saintec ada 60 soal pilihan ganda, lalu Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) ada 90 soal. “Untuk pengerjaan ujian ini dari diberi waktu hingga 165 menit. Setelah mengikuti tes, nanti ada talkshow baik dengan radio dan juga bersama mahasiswa UGM yang berasal dari Sumsel, tentang bagaimana cara hidup jauh dari keluarga, belajar bersama dan bersosialisasi di kota Jogyakarta,” ungkapnya.

Bagi yang sudah mengikuti, tentu saja para peserta mendapatkan sebuah gambaran serta pembelajar bagaiamana cara tes masuk ke kampus UGM dan juga bisa mendapatkan informasi detail mengenai jurusan yang di inginkan peserta.

“Kita melihat jurusan favorite khusus Soshum kebanyakan Manajemen dan Hukum, dan Saintec kebanyakan memilih Teknik dan Kedokteran. Dari penilaian kami ikagamass sendiri, selama 3 tahun ini peminat siswa kepada UGM menurun, padahal peluang mereka kesini cukup besar. Makanya dengan adanya try out katakanlah simulasi tes SBMPTN bisa lebih banyak peminat yang ingin masuk ke UGM,” ungkap Tony.

Sebelumnya, lanjut Tony, untuk pendaftaran simulasi ini lumayan banyak, berhubung kuotanya hanya 600 peserta, makanya tidak bisa lebih. “Perlu diingat kepada para peserta tes, untuk hasil tesnya dapat dilihat melalui media sosial Ikagamass dan melalui LINE, pada tanggal 25 Januari mendatang,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri

Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.