Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Belum Dibahas Apakah PKS Absen di Pilpres 2019

0 83

JAKARTA, rakyatrepublika.com

Dari berbagai spekulasi politik akhir-akhir ini, Prabowo Subianto sepertinya akan menggandeng Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres 2019. Karena Gerindra menilai hasil ijtima’ ulama itu tidak mengikat dan Prabowo akan tetap didukung ulama.

Lalu, bagaimana dengan PKS yang jauh-jauh hari berkomitmen dengan 9 nama bakal cawapres Prabowo? Apakah akan absen di pilpres 2019 nanti, hal itu belum dibahas oleh PKS.

“PKS akan mendalami hasil diskusi dengan ketiga partai Gerindra, PAN, dan Demokrat itu melalui mekanisme internal. Pengambilan keputusan strategis yang salah satunya penentuan cawapres harus melalui sejumlah tahapan internal,” tegas Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin, Kamis (2/8/2018).

Menurutnya, proses pengambilan keputusan strategis di PKS itu melalui 2 tahap. Pertama, pembahasan di rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) sebagai badan pekerja harian Mejelis Syuro.

Setelah itu, hasil keputusan DPTP dibawa ke sidang Majelis Syuro untuk dibahas lebih lanjut. Karena itu, hingga saat ini PKS belum mengeluarkan keputusan resmi soal penentuan cawapres.

Sebab, setelah bertemu para pimpinan partai untuk membahas sosok cawapres, PKS belum menggelar sidang Majelis Syuro untuk memutuskan sikap resmi.

Direktur Pencapresan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suhud Aliyudin saat ditemui seusai menjadi pembicara dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018).

“Opsi abstain di Pilpres 2019 juga belum dipertimbangkan partai karena belum dibahas di sidang Majelis Syuro. Nanti, hasil keputusan DPTP dibawa ke sidang Majelis Syuro untuk dibahas lebih lanjut dan diambil keputusan resmi PKS,” kata Suhud.

Sementara itu 9 nama cawapres yang disodorkan PKS ke Prabowo antara lain Gubernur Jawa Barat (Ahmad Heryawan) Wakil Ketua Majelis Syuro (Hidayat Nur Wahid), Mantan Presiden PKS (Anis Matta), Gubernur Sumatera Barat (Irwan Prayitno), Presiden PKS Mohamad (Sohibul Iman), Ketua Majelis Syuro PKS (Salim Segaf), Mantan Presiden PKS (Tifatul Sembiring), Ketua DPP PKS (Al Muzammil Yusuf), dan Ketua DPP PKS (Mardani Ali Sera).

Reporter : Achmad Munif
Editor : Mella

Leave A Reply

Your email address will not be published.