Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Ekstensi Perpustakaan Tumbuhkan Minat Baca Siswa

0 115

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Minat baca masih menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini, padahal telah banyak usaha yang dilakukan untuk mengontrol minat baca siswa. Sehingga ada kolerasi antara faktor kemampuan membaca dengan minat baca.

Menumbuhkan minat membaca bagi para siswa menjadi tantangan terbesar bagi para pendidik atau guru saat ini. Istilah yang menyebutkan buku jendela dunia hampir tidak terdengar lagi. Karena semakin pesatnya teknologi saat ini, para siswa telah merasa sangat mudah mencari segala informasi yang mereka butuhkan, melalui gadget, hanya melalui sebuah telepon genggam atau yang biasa disebut smart phone.

Salah satu usaha MTsN 1 Palembang dalam rangka menjaga minat membaca  bagi para siswanya dengan cara menyediakan perpustakaan yang rapi, bersih dan nyaman, serta melengkapi buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan para siswa dan guru guna menyelesaikan tugas-tugas juga sebagai sumber informasi.

Menurut Listya Yustikarini, S.Pd, selaku pembina perpustakaan MTsN 1 Palembang, keberadaan perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar di sekolah. Untuk itu pentingnya pengelolaan perpustakaan yang baik, dengan manajemen dan pustakawan yang memadai.

Dikatakannya, Strategi inovasi perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa menjadi sangat penting. Maka dari itu pihak sekolah dan pustakawan harus bersinergi dan harus “memaksa” siswa supaya akrab dengan perpustakaan.

“Dalam suasna keakraban tersebut maka peluangya lebih besar untuk tumbuhnya minat baca siswa tentunya hal tersebut harus dengan adanya strategi inovasi supaya bisa terwujud dan pada akhirnya membaca menjadi suatu kebutuhan dan menjadi suatu budaya,” ujar Listya, Selasa (23/01/2018).

Sekolah adalah lembaga formal yang berarti harus mampu mendorong siswa untuk terus menanbah informasi, memperkaya wawasan, dan membuka cakrawala berfikir siswa dan perpustakaan sebagai pusat informasi harus benar – benar memberikan pelayanan yang maksimal.

“Terlihat anak-anak senang berada di sini, mereka biasa berkumpul bersama-sama untuk mengerjakan tugas sekolah atau kerja kelompok. Semoga dengan eksistensinya, perpustakaan sekolah mampu meningkatkan minat baca dan menambah kecintaan para siswa terhadap buku, sehingga membentuk generasi yang memiliki pengetahuan yang kukuh,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri

Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.