Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Kanwil Kemenag Sumsel Gelar Festival Kaligrafi Islam Tingkat Sumsel

0 97

PALEMBANG, rakyatrepublika.com –

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf menggelar Festival Kaligrafi Islam tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2017.

Festival yang dilaksanakan dari tanggal 24-25 Oktober 2017 dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Selatan HM Alfajri Zabidi MM, M.Pd.I di Hotel De’ Premium Palembang, Selasa (24/10/2017).

Turut hadir mendampingi Kakanwil, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel Drs H Paidol Barokat, M.Pd.I, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Evi Zurfiana Azom, SE, M.Pd.I, dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Drs.H.Putloro, M.Pd.I dan dihadiri oleh 102 orang peserta, serta seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se Sumatera Selatan, dan empat orang juri kehiatan festival.

Alfajri mengatakan, agar pelaksanaan festival islam ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat terpilih Kaligrafer yang akan diutus ke Jakarta dan dapat bersaing di tingkat Nasional.” Semoga pada festival ini terpilih kaligrafer yang handal dan bisa mewakili Sumsel di tingkat nasional,”harap Fajri.

Kabid Penais Kanwil kemenag Sumsel Hj.Evi Zurfiana Azom, M.Pd.I menjelaskan, terdapat tiga macam kategori dalam lomba ini, pertama hiasan Mushaf, kedua Dekorasi, ketiga Seni Lukis.” kegiatan ini diikuti oleh peserta berjumlah 102 orang yang berasal dari 17 kab/kota se-sumatera Selatan, Tujuannya untuk menjalin silaturahmi antara para peserta dan untuk menjaring para kaligrafer di Sumsel,” jelasnya.

Dikatakan Evi, moment festival ini sebagai ajang silaturahmi para kaligrafer se Sumatera Selatan.” Kita juga akan mencari bibit sebagai utusan Provinsi Sumatera Selatan yang akan dikirim ke Jakarta untuk lomba seni Kaligrafi tingkat Nasional pada tanggal 7 November 2017 yang akan datang”, kata Evi.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU Drs. H. Ishak Putih, M.Si mengucapkan selamat mengikuti kegiatan festival kaligrafi islam ini kepada seluruh peserta yang mewakili Kabupaten OKU untuk Tingkat Provinsi tersebut.

“Alhamdulillah kita mengirim 4 orang perwakilan dari Kabupaten OKU untuk mengikuti festival kaligrafi islam tingkat provinsi yang digelar oleh Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sumsel, dalam hal ini Bidang Penerangan Agama Islam (Penais),” ujar Ishak.

“Walaupun jumlah kafilah kita tergolong sedikit, namun saya yakin dan percaya ke empat orang peserta kita ini memang menguasai dibidang seni kaligrafi islam baik itu kategori hiasan mushaf, kategori dekorasi maupun kategori seni lukis kaligrafi,” pungkasnya.
 
 
Reporter : Hasan Basri
Editor      : Mella
Posting   : Angga

Leave A Reply

Your email address will not be published.