Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Kelapa Muda, Buah Kaya Manfaat ini Jadi Primadona Saat Bulan Ramadhan

0 90

LUBUKLINGGAU, rakyatrepublika.com-

Kelapa muda, siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Karena selain air yang terkandung di dalamnya dapat memberikan rasa segar pada tubuh, tumbuhan yang banyak dijumpai di daerah tropis ini juga memberikan banyak manfaat dan banyak dicari banyak pembeli sehingga jadi primadona saat bulan Ramadhan.

Pedagang yang banyak dijumpai menjual kelapa muda salah satunya di sepanjang jalan Yos Sudarso, kelurahan Watervang kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Ditempat ini, dipenuhi penjual yang beraneka macam menawarkan dagangan menu untuk berbuka puasa, tak hanya menjual aneka minuman seperti kelapa muda namun disini juga dapat dijumpai makanan khas daerah yaitu Lemang.

Lemang terbuat dari ketan yang dimasak dengan dibungkus daun pisang dan dimasukan ke dalam bambu yang telah dipotong sedemikian rupa, untuk dapat menyantapnya bambu berisi ketan tersebut terlebih dahulu dibakar pada bara api hingga mengeluarkan aroma harum nan menggugah selera.

Lek Ran, salah satu pedagang kelapa muda di jalan Yos Sudarso mengakui kalau pada bulan puasa pembeli lebih berminat dengan buah yang di beberapa tempat disebut dengan dogan.

“Alhamdulilah bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi kami, karena dogan yang kami jual banyak yang dibeli. Keuntungan yang diperoleh dapat membantu perekonomian keluarga,” kata Lek Ran saat ditemui di tempatnya berjualan kelapa muda, Sabtu (26/5/2018).

Kelapa muda yang dijual, kata Lek Ran, biasanya dari kebun sendiri tetapi terkadang juga membeli kepada pemilik kebun yang lain.” Kalau beli di kebun orang sistemnya diborong perbatang kelapa, kemudian kita jual seharga Rp 7 ribu sampai Rp 8 ribu tergantung besar kecilnya ukuran dogan. Dalam sehari biasanya habis 20 sampai 30 buah,” jelasnya.

Senada dengan Lek Ran , Dewi yang merupakan langganan kelapa muda yang dijual Lek Ran mengatakan karena selain harganya yang terjangkau, kelapa muda juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa.

“Ini menjadikan kelapa muda sebagai salah satu menu wajib bagi saya saat berbuka, makanya hampir setiap hari saya beli dagangan yang dijual Lek Ran ini. Rasanya itu lho benar- benar nikmat, apalagi kalau ditambah sirup,” ujarnya.

Reporter: Shandy

Editor  : Mella

Leave A Reply

Your email address will not be published.