Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Nasrul Bani Terpilih Sebagai Ketua MKKS SMA Se-Sumsel Periode 2017-2020

0 115
PALEMBANG, rakyatrepublika.com

MKKS dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan, baik itu di bidang akademik maupun nonakademik, sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) bertugas untuk mengkonsolidasi program kepala sekolah (kepsek) per tahun ajaran.

Hal ini disampaikan Kepala Disdik Sumsel Widodo seusai melantik ketua dan pengurus MKKS jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat Sumsel dengan masa bakti 2017-2020 di aula SMAN 3 Palembang, Senin (23/10).

Dikatakan Widodo, pihaknya berharap melalui MKKS ini para kepsek bisa saling berbagi dan menguatkan serta saling mensupport agar bisa tumbuh dan berkembang bersama dengan visi dan misinya masing-masing, serta sejalan dengan kebijakan pemerintah provinsi.

.” Maka dari itu Musyawarah Kerja Kepala sekolah (MKKS) SMA se- sumatera selatan (sumsel) yang baru saja di Lantik priode 2017-2020, dihimbau untuk tidak tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan pendidikan, apalagi membuat kebijakan yang dapat merugikan kinerja kepala sekolah,” ujarnya.

MKKS, lanjut Widodo, harus peka terhadap keadaan dan perkembangan isu-isu pendidikan di lingkungannya. “Dengan adanya MKKS ini saya tidak ingin lagi ada kepala sekolah yang tertipu dengan adanya oknum yang mengatas namakan Disdik Sumsel, MKKS bisa menghimpun atau menjadi saluran berhimpunnya keunggulan sekolah untuk ditampilkan, saya berharap MKKS dapat menjadi jembatan kebijakan Disdik Sumsel kepada kepala-kepala sekolah, tugas MKKS ini antara lain untuk mengkonsolidasikan program di kepala sekolah, sehingga dapat dijadwalkan secara sistematis per tahun ajarannya,” kata Widodo.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian menambahkan, rapat koordinasi (rakor) MKKS SMA se-Sumsel ini pada intinya dilaksanakan karena masa bakti kepengurusannya telah berakhir. “Pelantikan ini juga lantaran ketua yang lama tidak lagi menjabat sebagai kepsek. Dan pada rakor ini juga dibahas tentang program dan anggaran rumah tangga MKKS,” tuturnya.
Pada rakor kali ini, Bonny menjelaskan, ada 111 kepsek yang hadir dengan rincian 43 orang pengurus lama dan 68 perwakilan kepsek se-Sumsel, dimana tiap kabupaten/kota mengirim empat orang kepseknya. “Yang terpilih menjadi Ketua MKKS Sumsel saat ini ialah Nasrul Bani Kepala SMAN 1 Palembang. Kami berharap agar ketua dan pengurus saat ini dapat menjalankan programnya dengan maksimal,” tukasnya.
 
Sementara Ketua terpilih Nasrul Bani  S.Pd. MM mengatakan dengan terpilihnya dirinya sebagai ketua MKKS SMA se-sumsel sama saja musibah. Namun, jika ini di jalankan secara bersama secara baik, dirinya yakin pendidikan di sumsel akan lebih baik.” Kepala sekolah harus kerja sama, tetap saling mendukung satu sama lain, amanat ini akan saya pegang dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.
Ia menuturkan bahwa perlu inovasi, inspirasi dan saran dari semua anggota agar MKKS SMA Se- Sumsel bisa dikerjakan dan memiliki inovasi demi kemajuan sekolah dan pendidikan Sumsel. “Jangan pernah malu untuk bertanya, shering menjadi salah satu solusi untuk maju, apalagi soal prestasi, jadikanlah wadah MKKS untuk memajukan dunia pendidikan di Sumsel, terutama untuk saling bertukar informasi yang positif sesama para guru dan Kepala Sekolah, dengan MKKS diharapkan kita mempunyai pandangan yang sama dalam menghadapi berbagai persoalan dalam dunia pendidikan,” pungkasnya
 
Reporter : Hasan Basri
Editor      : Mella
Posting   : Angga

Leave A Reply

Your email address will not be published.