Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Pemkot Prabumulih Bakal Revitalisasi Bangunan Pasar Gunung Ibul 

0 105

PRABUMULIH, rakyatrepublika.com-
Bangunan pasar Gunung Ibul yang berada di kelurahan Gunung Ibul yang diperuntuhkan untuk pedagang terkesan terbengkalai. Pasalnya, bangunan yang dibangun menggunakan dana pusat dari Kementerian Perdagangan ini lantaran diduga tidak digunakan sehingga tidak sesuai keinginan masyarakat yang berdagang di lokasi tersebut.

Pjs Walikota Richard Cahyadi menyampaikan dalam waktu dekat ini Pemkot Prabumulih berencana terkait pasar Gunung Ibul bakal melakukan revitalisasi bangunan untuk dilakukan pembenahan.

“Semua pembatas-pembatas los pasar akan di bongkar. Pasar yang tidak dipakai ini akan di revitalisasi. Tahun 2018 ini akan ditambah pasar induknya di lokasi. Pasar ini terkesan tidak termanfaat karena tidak sesuai keinginan masyarakat,” ujarnya.

Disinggung apakah pembangunan pasar ini gagal, Richard dengan tegas mengatakan kalau pasar ini tidak gagal.

“Wujud bangunannya ada, tetapi peruntukannya yang tidak sesuai dengb keinginan masyarakat. Makanya tahun ini akan kita benahi semua,” ungkapnya.

Masih dikatakan Richard, agar tidak terjadi gesekan dikemudian hari makanya perlu ada konsolidasi ke bawah.

“Agar tidak terjadi pergeseran administrasi harus terlebih dahulu disiapkan lengkap misalnya surat hibah tanahnya. Kepada Camat dan Lurah serta RT/RW harap konsolidasi ke masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Junaidi SE mengatakan bahwa pihaknya akui jika pasar gunung ibul ini diduga tidak dimanfaatkan pedagang dikarenakam tidak sesuai dengan keinginan dari masyarakat. Namun, pihaknya akan melakukan perbaikan seperti yang diinginkan misalnya membongkar pembatas-pembatas agar pedagang lebih luas berjualan dagangannya.

“Agar bisa dimanfaatkan nanti di dekat pasar gunung ibul ini akan dibangun pasar induk. Rencanannya tahun ini kita dapat bantuan dari Kementerian Perdagangan untuk pembangunan pasar induk. Untuk dana yang diajukan setidaknya Rp 17,5 miliar. Insya Allah bisa terealisasi sehingga bisa terkoneksi semua,” pungkasnya.

Reporter : Yan
Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.