Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Polda Sumsel Siagakan 918 Personil Untuk Pengamanan Jokowi

0 72
PALEMBANG, rakyatrepublika.com-
Dalam rangka menjelang kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ke Provinsi Sumsel khususnya Palembang, aparat kepolisian Polda Sumsel siagakan sebanyak 918 personil gabungan.

 

Kujungan tersebut dijadwalkan pada Senin (22/1/2018) yang dijaga ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan juga mendapatkan pengamanan khusus dari Polisi Daerah (Polda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

 

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara mengatakan, pengamanan menjelang kedatangan presiden Jokowi seperti biasanya, kunjungan presiden dan Wakil Presiden diberbagai kota baik didalam maupun diluar negeri, ada skema pengamanan yang diterapkan sesuai protap keamanan yang sudah diatur dalam pengamanan kunjungan Presiden maupun Wakil presiden.

 

Dalam pengamanan kunjungan Presiden Jokowi kali ini di Palembang tidak ada bedanya  dengan pengamanan kunjungan presiden dan wakil presiden didaerah lain. protap pengamanan  yang diterapkan, ring utama adalah pasukan dari Pampaspres , ring kedua gabungan dari unsur TNI, dan ring ketiga dari satuan Polda Sumsel.

 

“Iya mulai nanti sore beliau (Jokowi) sudah datang dan tentulah kami melaksanakan pengamanan khusus. Leading sektor pengamanan VVIP seperti, presiden sesuai ketentuan teman-teman dari Kodam untuk pengamanan ring I dan kami polisi dari Polda Sumsel dan Polresta Palembang berada di ring II dan III,” ujarnya, Minggu (21/1/2018).

 

Orang nomor satu di jajaran Polda Sumsel ini juga menjelaskan, dalam pengamanan kunjungan Presiden Jokowi meliputi, peyiagaan petugas khususnya ditempat-tempat yang akan dikunjungi oleh presiden, hal ini dilakukan selain sudah menjadi protap juga pihaknya meyiagakan juga personil disetiap persimpangan jalan yang akan dilewati semua rombongan presiden.

 

“Untuk pengamanan VVIP sudah ada standarnya, tidak bisa terlalu detail,” ujarnya.

 

Terkait personil yang diterjunkan, jenderal bintang dua ini menambahkan, guna memgamankan kedatangan presiden pihaknya sudah mengadakan rapat bersama Polresta Palembang, akan menerjunkan sebanyak 918 personil kepolisian baik dari Polda Sumsel serta Polresta Palembang.

 

“Jumlah itu hanya dari pihak kepolisian, dari jumlah tersebut pastinya akan lebih banyak lagi, karena kedatangan presiden Jokowi tentunya akan melibatkan semua instansi, TNI, Dinas Perhubungan, pemerintahan, dan lain-lain. Hal ini guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama presiden berada di Palembang, apalagi beliau menginap,” katanya.

 

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede menambahkan, pihaknya sudah mengadakan rapat bersama Polda Sumsel terkait kedatangan presiden Jokowi ke Palembang, dalam hasil rapat tersebut yang akan bertugas pengamanan kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut menerjunkan personil dari, Sat Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Binmas, Lantas, Narkoba, yang terbagi dalam 12 zona pam jalur/rute, 9 pam lokasi obyek.

 

“Semua personil akan mulai bersiaga selama presiden berada di Palembang, apalagi direncanakan akan bermalam di Palembang, tentunya pengamanan ditempat bermalamnya akan dijaga sebelum dan sesudah rombongan kepresidenan menginap,” pungkasnya.

 

Reporter : Meyda Sari
Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.