Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Program UKS Bakal Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Prestasi

0 171

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Usaha kesehatan sekolah (UKS) merupakan wahana yang tepat untuk meningkatkan kemampuan hidup bersih dan sehat bagi peserta didik disekolah. Oleh karenanya, pembinaan dan pengembangan UKS harus dilaksanakan secara terpadu, terarah dan terencana untuk meningkatan mutu pendidikan  dan prestasi belajar peserta didik dengan suasana lingkungan yang sehat.

“Untuk mendukung upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di MTsN 1 Palembang ini, dirinya selalu menghimbau kepada seluruh warga madrasah secara bersama-sama menjaga lingkungan, diantaranya dengan membuat label larangan tidak merusak tanaman disekitar dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar kepala MTs N 1 Palembang Budiman Hasan kepada awak media, Rabu (17/1/18).

Selain itu, kata Budiman, dimana eksistensi dan berlanjutan dari program UKS dan juga henjadi perhatian bersama. Sehingga tidak ada kesan dilakanakan hanya saat lomba saja tetapi bisa dijalankan secara berkesinambungan dan memberi dampak luas bagi lingkungan sekitar sekolah.

Menurutnya, program UKS merupakan salah satu sarana yang sangat penting di setiap sekolah/madrasah, sehingga keberadaannya mutlak tersedia. Mengingat anak usia sekolah merupakan kelompok umur yang rawan terhadap masalah kesehatan juga karena keaktifan di sekolah yang rentan untuk jatuh dan terluka.

“Biasanya saat upacara, ada beberapa siswa yang jatuh sakit karena mungkin kelelahan, atau terluka karena terlalu aktif berlarian bersam temannya, disinilah kita merasakan pentingnya ruang UKS”, ujarnya.

MTsN 1 Palembang, jelas Budiman, ruangan UKS saat ini telah disediakan sehingga dapay dipergunakan. Selain nyaman, ruang UKS memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik serta dilengkapi dengan segala fasilitas yang menunjang kebutuhan kesehatan diantaranya tempat tidur yang dipisah untuk siswa laki-laki dan perempuan, Perlengkapan P3K, tandu serta alat-alat kesehatan lainnya,” jelasnya.

Menurut Depkes RI (2006), UKS merupakan wahana belajar mengajar dan juga dapat meningkatkan kemampuan hidup sehat, sehingga meningkatkan perkembangam dan pertumbuhan bagi peserta didik yang harmonis dan optimal serta sumber daya manusia berkualitas.

“Keberadaan UKS adalah upaya dalam meningkatan pengetahuan dan sikap untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat, sehingga timbul kesadaran bahwa kesehatan merupakan hal yang penting dan sangat mempengaruhi siswa/siswa untuk meraih prestasi apalagi untuk anak-anak usia dini,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri

Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.