Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Sadaruddin : Pendidikan Karakter Perlu Diimplementasikan Kepada Siswa

0 37

PALEMBANG, rakyatrepublika.com –

Sebanyak 96 SMA swasta se-kota Palembang menggelar kegiatan seminar pendidikan berkarakter, agar supaya dapat diimplementasi oleh guru kepada siswanya, sehingga bisa mewujudkan berkarakter anak-anak yang tidak egois dan bisa berfikir positif.

Hal ini disampaikan Sadaruddin, Staf Ahli Pemerintah Sosial dan Masyarakat.” Saya mengapresiasi dengan adanya banyak sekolah di kota Palembang, sehingga bisa menciptakan adiwiyata di masing-masing tempat, dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas 2045 pemerintah menguatkan karakter generasi muda agar memiliki keunggulan dalam persaingan global abad 21,” ujarnya.

Disampaikan Sadaruddin, dengan seminar pendidikan berkarakter di SMA se-kota Palembang bisa menumbuhkan perubahan, seperti perilaku baik itu gotong royong maupun etika selama di lingkungan sekolah. 

“Apalagi sudah 11 kali Pemkot mendapatkan piala adipura dari Presiden RI, makanya dengan kegiatan pendidikan berkarakter, di harapkan bisa mewujudkan pendidikan yang berkarakter baik di kota Palembang, sehingga generasi muda kita memiliki pemikiran pintar dan kearifan lokal,” katanya. 

Adanya manfaat seminar pendidikan berkarakter, jelasnya lagi, pertama bisa menjadikan manusia generai depan berpendidikan, lalu bisa menyempurnakan diri maupun individu. “Pesan inti pak Walikota, yang jelas bagaimana kegiatan ini menjadikan karakter guru bisa berpotensi mendidik siswa bertaqwa dan berbudi luhur, sehingga dapat meninggalkan peradaban yang buruk,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Disdik kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan dirinya hanya sebagai pemberi materi dalam seminar pendidikan. “Saya ingin para pendidik khususnya SMA Swasta kota Palembang bisa memberikan bentuk nyata, dengan cara mengimplementasi pelajaran seperti budi perkerti, etika dan sopan santu kepada siswa,” imbuhnya.

Disebutkan Zulinto, etika moral dan nilai-nilai akhlak yang baik bisa mewujudkan pendidikan berkarakter di kalangan siswa. “Makanya kami hanya bisa meminta para guru bisa menjadi contoh dan tauladan bagi siswa, agar tidak ada lagi siswa yang memiliki moral, etika dan prilakunya yang kurang baik, memang dibutuhkan langkah dan strategi yang besar untuk menuju bangsa yang berkarakter, karena pendidikan karakter itu sangat penting untuk mendukung pembangunan bangsa,” pungkasnya.

Reporter : Hasan Basri
Editor      : Mella
Posting   : Angga

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.