Mengungkap Fakta Dibalik Berita

SMA Negeri Sumsel Juara Nasional Sekolah Hemat Energi 2017

0 155

PALEMBANG, rakyatrepublika.com –

SMA Negeri Sumatera Selatan turut berpartisipasi dan berhasil meraih juara pertama setelah mengikuti ajang lomba hemat energi sekolah yang diadakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Lomba tersebut dilaksanakan di lima kota secara serentak diantara kota Palembang, Bandung, Surabaya, Denpasar dan area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMAN Sumsel M Ridwan Aziz mengatakan bahwa SMAN Sumsel telah berpartisipasi dalam Lomba Hemat Energi (LHE) sekolah tahun 2017. “Sebelum menjelang perlombaan SMAN Sumsel telah melakukan upaya persiapan sejak bulan Juni 2017 lalu. Persiapan yang paling awal dilakukan adalah pembentukan panitia dan penunjukkan Duta Energi. Dari hasil penunjukkan terpilih guru Fisika SMAN Sumatera Selatan sebagai Manager Energi dan ada 30 siswa menjadi Duta Energi,” ujarnya.

Lanjut M Riduan, nantinya dibuat peraturan dalam rangak penghematan energi dilingkungan sekolah, menyalakan pendingin ruangan harus di atas jam 9 pagi, matikan lampu ketika meninggalkan ruangan, mencabut stop kontak bila tidak digunakan dan sebagainya. Untuk dilingkungan asrama dilakukan dengan membuat jadwal baru untuk mencuci dan seterika. dihimbau kepada siswa dilarang mencuci dan menyetrika ketika malam hari karena disaat menggunakan listrik di malam  akan lebih besar. “Duta Energi mengemban tugas dalam rangka melakukan sosialisasi gerakan hemat energi kepada warga, sekolah dan masyarakat luas,” tambahnya.

Bahkan dari pihaknya pun melakukan sosialisasi di SD dan SMP yang ada di dekat SMAN Sumatera Selatan melalui Program Community Service. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Duta Energi dengan gencar melakukan sosialisasi melalui media sosial yang isinya menyebutkan  pentingnya hemat energi, cara-cara praktis untuk menghemat energi, dan pembagian stiker kepada masyarakat,” tandasnya.

Masih dalam rangkaian LHE di SMAN Sumsel, Duta Energi beserta siswa didampingi guru dalam rangka jalan sehat disertai melakukan sosialisasi kepada  masyarakat dalam rangak penghematan energi. “Mereka membawa spanduk yang ditandatangani oleh masyarakat yang telah diberikan sosialisasi sebagai bentuk komitmen bersama untuk melakukan penghematan energy,” jelasnya.

Sementara itu, Cyndella siswa kelas XII SMAN Sumsel meraih juara 1 lomba video mengatakan, dalam LHE Sekolah 2017 ini terdapat beberapa sub lomba, diantaranya: fotografi, poster, jurnalistik, jingle, video dan mural. “ Pada masing-masing sub lomba setiap siswa didampingi oleh advisor yang telah ditunjuk pada pembentukan panitia,” katanya.

Dikatakannya, dari serangkaian kegiatan yang telah melalui proses penjurian, pada 3 November 2017 yang lalu SMAN Sumsel menghadiri penganugerahan pemenang LHE di Jakarta. Untuk SMAN Sumsel meraih predikat sebagai Sekolah Hemat Energi terbaik untuk wilayah Palembang. Dam juga SMAN Sumsel juga meraih juara 1 untuk  lomba video (Cyndella dan tim), Juara 1 lomba mural (Aas Mega Firstly dan tim), Juara 2 lomba fotografi (Cyndella dan tim), Juara 3 lomba poster (Arif Bintang), dan Juara 3 cipta jingle (Felix Antonio dan tim).

“Kami tidak menyangka bakal mendapatkan juara dalam lomba video ini. Kami hanya berusaha membuat video sebaik mungkin untuk menginspirasi penonton agar ikut berpartisipasi dalam penghematan energi, Semoga kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya penghematan energi selama tiga bulan ini dapat dijadikan suatu kebiasaan yang melekat disetiap warga,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri
Editor     : Arman
Posting  : Angga

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.