Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Sukseskan Asian Games 2018, Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel Siaga Satu

0 93

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-

Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Provinsi Sumatera Selatan melakukan upaya kesiapsiagaan secara serius untuk menghadapi potensi ancaman kebakaran di wilayah Sumsel dan menyatakan siaga satu.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Satgas Karhutbunla Provinsi Sumatera Selatan Kolonel Inf Iman Budiman yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Gapo pada Rakor di Posko Satgas Siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan Provinsi Sumsel, Selasa (17/7/2018).

“Satgas juga telah membentuk beberapa tim yang akan bergerak memantau di 55 titik sangat rawan yang ada di wilayah OKI, Muba, Banyuasin, Ogan Ilir dan Muara Enim, dimana dari 55 titik tersebut kita kelompokkan menjadi 30 sektor dan dari 30 sektor tersebut kita jadikan 10 kolam yang akan dipantau secara langsung oleh Tim Satgas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Sumsel Iriansyah menyebutkan bahwa dalam mendukung operasional Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel, pemerintah telah memberikan bantuan helikopter yang dapt digunakan untuk patroli maupun penindakan dengan menggunakan water bombing.

“Kegiatan patroli udara dengan menggunakan helikopter rutin kita lakukan guna memantau kebakaran secara langsung, karena dengan helikopter ini lebih efektif dibanding melalui darat, meskipun BNPB juga sudah menggunakan data dari LAPAN untuk memantau titik panas,” jelasnya. (Ril)

Editor : Mella

Leave A Reply

Your email address will not be published.