Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Tanamkan Budi Pekerti Kepada Anak Didik Sejak Dini

0 146

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Menanamkan nilai-nilai budi pekerti sangatlah penting dimulai sejak dini, selain peran penting orang tua dirumah duga para pelajar yang menggali ilmu di sekolah tersebut memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter bagi siswa didiknya.

Salah satu Kepala Sekolah ketika ditemuo bernama Budiman menjabat sebagai Kepala MTsN 1 Palembang ini mengatakan bahwa sekolah mengantispasi pergeseran akhlak peserta didiknya dengan berupaya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dari hal yang paling kecil, seperti menebar senyum dan bersalaman kepada setiap guru atau pegawai yang dijumpai ketika berpapasan saat berada di lingkungan madrasah,”

“ketika berpapasan saat jam istirahat, siswa/I disini langsung menyalami setiap guru atau pegawai yang mereka jumpai atau paling tidak mereka tersenyum dan menundukkan badan sebagai bentuk hormat mereka kepada yang lebih tua,” katanya kepada awak media.

Dikatakan Budiman, di era sekarang ini menjadi suatu tantangan yang besar untuk mendidik sikap saling hormat-menghormati pada anak-anak, karena tak dapat dipungkiri seiring berkembangnya teknologi saat ini semakin mengikis pemahaman dan kepekaan anak tentang budi pekerti.

“Jika anak-anak telah terbiasa bersikap sopan dan dan santun, diharapkan akan menjadi kebiasaan yang akan mereka bawa dimanapun mereka berada, dan menjadi tauladan bagi  teman-teman atau generasi yang lain,” ungkapnya.

Oleh karena itu lanjut Budiman, pembinaan pribadi merupakan hal terpenting dalam lingkungan pendidikan Islam, terutama pembinaan akhlak sejak dini.

“Betapa pentingnya pendidikan akhlak sejak dini, maka dari itu perlu adanya penanaman nilai keagamaan kepada anak-anak dengan ajaran yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri
Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.