Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Tingkatkan Kualitas Guru Di Sumsel, Disdik Bakal Inapkan Guru Dan Kepsek Ke Luar Negeri

0 92

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-

Kualitas peserta didik ditentukan dengan kualitas pendidiknya. Itulah salah satu nilai yang dipegang Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs Widodo dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.

Kali ini, dalam upaya peningkatan kualitas SDM tersebut, Disdik Sumsel berencana akan menginapkan guru dan Kepala SMA di Sumsel ke luar negeri. “Selama ini pola peningkatan kualitas guru hanya dilakukan dengan pola penataran, pola seperti ini dinilai membosankan dan tidak interaktif. Kita berencana akan menaruh guru dan Kepsek semacam pola pertukaran mengajar ke luar negeri,” ungkapnya

Mantan Kepala BLPT Sumsel ini menjelaskan, pola pertukaran tenaga pendidik yakni guru dan Kepala SMA di Sumsel ke luar negeri tersebut minimal akan dilakukan selama 6 bulan.”Jadi, sifatnya change. guru dan Kepsek di Sumsel mengajar dan memahami pola pembelajaran di luar negeri, sebaliknya guru di luar negeri mengajar dan meningkatkan pola pembelajaran SMA di Sumsel,” terangnya.

Menurutnya, selama ini pola penataran yang dilakukan untuk upaya peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik masih cenderung belum maksimal.”Ini tujuannya bukan mau sok-sok’an internasional, tapi berdasarkan studi sangat efektif untuk meningkatkan kualitas SDM yang juga nantinya berimbas ke kualitas peserta didik,” paparnya.

Widodo menambahkan, untuk pola pembiayaan saat ini pihak Dinas Pendidikan Sumsel sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Gubernur Sumsel.”Saat ini masih tahap diskusi, yang jelas pola seperti ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tentunya bisa lebih meningkatkan disiplin guru dan Kepala SMA di Sumsel,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk masalah teknisnya nanti akan didiskusikan lagi bersama Kemendikbud dan Gubernur Sumsel, sekarang ini pihak Dinas Pendidikan Sumsel juga sudah melakukan koordinasi dengan beberapa SMA di luar negeri yakni diantaranya di China, Melbourne, dan Australia,” pungkasnya.

Reporter : Hasan Basri
Editor : Elan

Leave A Reply

Your email address will not be published.