Mengungkap Fakta Dibalik Berita

UIN Raden Fatah Kenalkan Aplikasi X-Report

0 3

PALEMBANG – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah mulai memperkenalkan aplikasi X-Report dalam rangka memudahkan perencanaan dan pengelolaan keuangan agar dapat tercatat seluruhnya dengan rapi.

Ketua PUSTIPD, Fachruddin, M.Kom mengatakan, melalui aplikasi X-Report Pegawai keuangan akan lebih bisa bekerja maksimal karena seluruh transaksi data tercatat secara real-time.

“Kehadiran aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan bagian keuangan,” ujarnya.

Dikatakannya, X-Report merupakan aplikasi keuangan berbasis web pertama yang memiliki algoritma untuk menampilkan dan mengelola data Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) hingga ribuan baris data secara cepat dan efektif sehingga dapat diakses dari komputer dengan spesikasi rendah atau bahkan dari smartphone.

“Aplikasi X-Report telah terintegrasi dengan aplikasi Manajemen Pegawai Raden Fatah (Ampera) dan Telegram atau Whatsapp sehingga dapat memberi notikasi ke para pengguna secara gratis, dan pengguna pun dapat memantau penghasilannya melalui Telegram dan atau Whatsapp,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, Di dalam aplikasi ini menyediakan 5 fitur lengkap untuk memudahkan perencanaan dan pengelolaan keuangan, yaitu pencatatan anggaran, pencatatan realisasi anggaran, melakukan revisi angaran, laporan dashboard penyerapan anggaran, dan pencatatan pendapatan pegawai.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khadijah, M.Si memberikan apresiasi atas usaha PUSTIPD mengembangkan aplikasi tersebut. Menurutnya aplikasi tersebut sudah cukup bagus, kreatif, dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman.

“Kehadiran aplikasi ini nantinya akan membantu terwujudnya tata kelola keuangan yang baik,” ungkap Prof Nyayu Khadijah.

Sementara itu Wakil Rektor II, Dr. Abdul Hadi, MA yang membidangi pengembangan administrasi umum dan keungan mengatakan, aplikasi ini harus terus diupayakan pengembangannya.

“Saya berharap ada penambahan fitur yang bisa melampirkan bukti-bukti keungan, dan akses penguna juga harus dibatasi sesuai dengan sub bagian unit masing-masing di lingkungan UIN Raden Fatah,” ujar Dr. Abdul Hadi.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Adil, M.A, bahwa tidak menutup kemungkinan untuk terus memperbarui fitur-fitur dalam aplikasi X-Report.

“Agar ada rekapan catatan bersama kelebihan dan keunggulan aplikasi tersebut,
beberapa bulan ke depan aplikasi tersebut diuji coba dulu,” pungkasnya (Ari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.