Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Walikota Palembang Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia Bersama Guru dan Siswa

0 45

PALEMBANG, rakyatrepublika.com –

Walikota Palembang, Harnojoyo serta kepala Sekolah, Guru dan juga ribuan siswa yang ada di kota Palembang ini memperingati hari suci tangan sedunia. Acara tersebut dipusatkan di Kambang Iwak Palembang, Rabu (18/10/2017).

Walikota Palembang pun mengatakan disela-sela acara dimana perilaku mencuci tangan menggunakan sabun terlihat sederhana, bahkan memiliki banyak manfaat yang luar biasa sehingga efektif dapat membunuh kotoran dan kuman.

“Gerakan cuci tangan diharapkan menjadi sebuah kebiasaan dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ,”ujarnya ketika memperingati hari Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.

Selain itu, Harnojoyo pun menghimbau kepada semua siswa dan guru agar menjaga kebersihan dengan cara memungut sampah yang ada disekitarnya agar tempat tersebut terlihat bersih. “Saya mengajak semua yang ada di sini untuk operasi semut,” tambahnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di palembang ini pun menyampaikan resiko lalainya jika lupa mencuci tangan terjadinya penularan penyakit diare, infeksi saluaran pernafasan akut (ISPA), flu burung dan penyakit infeksi lainnya.

“Lebih kurang 500 jiwa manusia meninggal karena pola hidup tidak sehat. Dengan adanya gerakan ini saya berharap kepada masyarakat kota Palembang agar menjalani pola hidup sehat, khususnya untuk anak-anak sejak dini karena betapa pentingnya kebersihan. Kebersihan itu kan, sebagian daripada iman,” katanya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebagai seremoni saja, namun akan dilaksanakan secara rutin. “Mari ubah pola hidup kita, menjadi hidup sehat dan juga biasakan mencuci makan terlebih dahulu sebelum makan. Semoga gerakan ini rutin dikampanyekan dengan sasaran anak-anak yang menimba ilmu di Sekolah Dasar dan Sekolah menengah Pertama,” ajaknya sembari menyebutkan dengan kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun dimulai dari membasuhkan tangan, mengambil sabun, menggosok sela-sela jari, menggosok ujung kuku, menggosok jempol kanan, menggosok jempol kiri, menggosok ujung jari, lalu membasuh tangan dan yang terkahir adalah menggunakan tisu untuk mengelap tangan.

 

Reporter : Hasan
Editor      : Mella
Posting   : Angga‎

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.