Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Widodo : Siswa SMK Bakal PKL Ke California

0 58

PALEMBANG, rakyatrepublika.com- Dalam upaya peningkatan skill dan kemampuan bagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dinas Pendidikan Sumsel kembali melakukan wacanana dengan mengirim siswa-siswi SMK ke California guna melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

“Selama ini kan siswa-siswi SMK PKL-nya ke kantor Pemerintahan dan perusahaan, untum skill yang diperoleh dan di implementasikan justru tidak efektif, dengan pola PKL ke California ini siswa nantinya akan belajar ke perusahaan yang sangat bisa meningkatkan skill mereka,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MPd, Selasa (27/2/2018).

Dikatakan Widodo, pihak Disdik Sumsel telah menggandeng beberapa perusahaan teknologi di California untuk menempatkan siswa-siswi SMK PKL nantinya.

“Kita fokuskan untuk PKL ke perusahaan teknologi,” ungkap.

Dijelaskannya, untuk siswa-siswi yang berkesempatan PKL ke California nantinya akan diseleksi terlebih dahulu dan akan dilakukan pada Juli mendatang. “Saat ini teknisnya masih kita bahas syarat utama yang berangkat nantinya siswa harus mampu menguasai bahasa Inggris, ” jelas Widodo.

Selain itu, Widodo berharap dengan adanya pola PKL ke luar negeri ini siswa SMK bisa mendapatkan skill yang berkualitas. “Ini bukan untuk gaya-gaya saja, tapi PKL ke luar negeri lebih fokus meningkatkan skill pelajar SMK,” harapnya.

Lanjutnya, siswa SMK yang akan berangkat PKL nantinya akan mendapat gaji dan biaya tambahan. “Gaji akan dibayar perjam, siswa yang PKL ini nantinya akan diberangkatkan secara bertahap, rencananya setiap bulan akan diberangkatkan sebanyak 20 siswa,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri
Editor      : Arman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.