Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Asisten SDM Mabes Polri dan Kapolda Sumsel Resmikan Assessment Center

0 129

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-

Assessment pejabat dilingkungan kepolisian dan pejabat dilingkungan pemerintahan saat ini dapat langsung dilakukan di Assessment Center Polda Sumatera Selatan. Sebab, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Ir Zulkarnain Adinegara bersama Asisten SDM Polri, Irjen Pol Dr Eko Indra Heri meresmikan gedung Assessment Center baru yang terletak di Polda Sumsel, Rabu (7/11/2018).

Peresmian Gedung Assessment Center ini disaksikan tim assesor SDM Mabes Polri, Wakapolda Sumsel, pejabat utama Polda Sumsel dan pejabat instansi terkait.

Selain sebagai Pusat Penilaian Kompentensi dilingkungan Polda Sumsel, pembangunan Gedung Assessment Center juga merupakan wujud nyata pelaksanaan amanat Reformasi Birokrasi Nasional yang ada pada program utama bidang sumberdaya manusia yakni, Program Penataan Sistem Manajemen SDM. 

“Kami ingin mendukung kepolisian yang Prometer, Professional, Modern , Terpercaya. Sehingga para pejabat yang terpilih dapat dilakukan secara objektif.” Ujarnya.

Ditambahkan nya, assessment adalah sebuah metode dalam memetakan kompetisi seseorang.” Bagaimana tingkat keberhasilan seseorang untuk menempati suatu jabatan, tingkat keberhasilan melaksanakan tugas bahkan hingga 70 persen,” ungkap Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat peresmian. 

Pemetaan calon pemimpin tersebut dilakukan untuk melihat kompetisi di tubuh kepolisian dan stakeholder pemerintahan maupun swasta, sehingga gedung yang baru dibangun saat ini dapat digunakan oleh setiap orang yang ingin melakukan assessment. 

“Hingga saat ini sudah sekitar 873 orang yang diassesment bail lingkungan Polri, ASN, intansi pemerintah, pemda, atau lembaga lain. Bahkan dalam waktu dekat Assessment center Polda Sumsel akan melakukan assessment dari BNN, BPS, dan Pemkab Muratara dan semuanya dilakukan dengan seobjektifif mungkin,” ungkapnya. 

Sementara, Asisten SDM Polri, Irjen Pol Dr Eko Indra Heri mengapresiasi langkah Polda Sumsel untuk menyediakan tempat assessment yang dapat digunakan tidal hanya di lingkungan Polri. Dia berharap nantinya gedung tersebut dapat mencetak calon pemimpin terbaik. 

“Harapan tidak hanya untuk menentukan jabatan, bisa untuk promosi jabatan terbuka. Ini dapat menjadi satu sarana mewujudkan calon pemimpin bersih, terbaik tidak hanya di internal kita.” Imbuhnya.

Dijelaskan nya, bahwa seluruh polda rata-rata sudah memiliki assessment center. Untuk yang ada di Sumsel juga, sudah sesuai standart dari gedung hingva fasilitas yang ada,” ungkapnya. 

Usai meresmikan gedung tersebut, Kapolda bersama Asisten SDM Polri melakukan pengecekan tempat sekaligus melanjutkan peletakan batu pertama pembangunan perumahan Polri di Sukosari, Alang-Alang Lebar, Palembang.

Reporter : Yoga Nasuhi
Editor : Mella

Leave A Reply

Your email address will not be published.