Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Kolaborasi Kebudayaan Tiga Etnis Digelar di Monpera Palembang

0 86

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, SE, M.Si, M.M. yang diwakili langsung Danramil 418-06/Kamboja Kapten Inf Widodo menghadiri acara Triagle Culture Festival tahun 2018 yang dilanjutkan louncing Ampera Skate Part bertempat di halaman Monpera Kelurahan Bukit Kecil Kota Palembang, Sabtu (3/2/2018).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos. dengan menggelar festival kebudayaan yang mengkolaborasikan tiga kebudayaan besar yang ada di Bumi Sriwijaya diantaranya Melayu, Arab dan Tionghoa, tidak hanya itu, beberapa perwakilan kebudayaan Nusantara juga turut berpartisipasi.

Wali Kota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos. mengatakan, kegiatan kolaborasi kebudayaan tiga etnis besar ini merupakan yang pertama dilakukan di Kota Palembang bahkan mungkin pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk menggali potensi kebudayaan yang ada menjadi modal utama Kota Palembang sebagai destinasi pariwisata. “Seperti tadi, selama ini kita tahunya kebudayaan Tionghoa itu Barongsai, tapi ternyata tarian yang ditampilkan juga begitu indah. Kemudian ada juga hiburan musik gambus yang merdu sekali nyanyian berpadu musiknya. Hal ini merupakan kekayaan budaya di Kota Palembang yang harus dilestarikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh mengatakan bahwa kegiatan festival kebudayaan ini menampilkan berbagai kebudayaan yang ada di Kota Palembang maupun Nusantara. Dan semua budaya di Kota Palembang memiliki posisi yang sama, tidak ada yang lebih istimewa. “Kegiatan ini merupakan silaturahmi pemerintah dan masyarakat berbagai suku dan etnis. Dan juga sebagai ajang bertukar informasi dan membuka peluang kerja sama antar penggiat kebudayaan,” ungkapnya.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Palembang ini mengambil tema “Indahnya Keberagaman dalam Bingkai Persatuan.” Dengan menampilkan berbagai kebudayaan secara bergantian tampil di atas panggung festival. Seperti terlihat tampil pada hari ini Pencak Keraton Kesultanan Palembang Darussalam, Barongsai, Gambus, kuda lumping, fashion show pakaian adat, dul muluk dan lain-lain. Bahkan sebentar lagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games yang juga perlu ditampilkan kesenian dan kebudayaan daerah.

Hadir dalam kegiatan festifal tersebut Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos. beserta Istri, Sekda Kota Palembang Bpk Sulaiman, Kadis Pariwisata Kota Palembang, Dandim 0418/Palembang yang diwakili Danramil 418-06/Kamboja, par Camat se Kota Palembang, tokoh adat dan tokoh agama dari masing-masing Kecamatan serta para seni budaya berkisar 300 orang. (ril)

 

Editor : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.