Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Siswa SMA Negeri Sumsel Raih Nilai Tertinggi IGCSE

0 367

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Siapa sangka seorang anak buruh bisa meraih nilai tertinggi dalam International General Certificate for Secondary Education (IGCSE). Siswa kelas XI Science 1 SMAN Sumatera Selatan itu adalah M Shiqo Filla (17).

Anak dari pasangan Romli dan  Ernani ini mengaku bahwa dirinya tidak menduga bakal mendapatkan nilai tertinggi di IGCSE.

“Sungguh tidak disangka saya mendapatkan nilai tertinggi dalam Ujian IGSCE ini, memang sejak kecil Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat saya sukai,” ujar Shiqo yang mengaku anak pertama dari 4 bersaudara.

Ia membagikan tips khusus mengenai caranya ketika belajar Matematika, berusaha keras memahami rumus-rumus terlebih dahulu sebelum berlatih soal. Ketika berlatih soal, dirinya akan mencari berbagai tipe soal yang berbeda sebanyak mungkin agar semakin terbiasa dengan soal-soal Matematika.

“Saya sangat bahagia ketika tahu bahwa saya mendapat A*. Hal ini tidak lepas dari usaha dan doa yang telah dilakukan, saya juga selalu memotivasi diri untuk selalu menguasai materi yang saya peroleh” ujar Shiqo kelahiran Desa Meranjat.

Plt Kepala SMAN Sumatera Selatan M Ridwan Aziz, M.Pd, mengatakan bahwa dari 73 peserta ujian IGCSE terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai tertinggi (Top Achiever) pada 4 mata pelajaran. Hal ini dilihat dari hasil ujian International General Certificate for Secondary Education (IGCSE) yang diikuti oleh siswa SMAN Sumatera Selatan telah diumumkan pada Senin, 22 Januari 2018. Ujian yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2017 hingga 13 November 2017 lalu diikuti oleh 73 siswa.

Dikatakan Ridwan, dari rentang nilai pada ujian IGCSE dimulai dari yang tertinggi adalah A* (ei star) hingga yang terendah adalah E. Ketiga siswa tersebut adalah M Shiqo Filla peraih nilai tertinggi pada mata pelajaran Matematika dan Fisika, Ari Aryani pada mata pelajaran Biologi, dan Marthin Agustin Hutauruk pada mata pelajaran Kimia.

“M Shiqo Filla, siswa kelas XI Science 1 SMAN Sumatera Selatan yang mendapatkan nilai sempurna A* dengan skor 99. Nilai sempurna yang diraih oleh Shiqo sejauh ini merupakan nilai tertinggi untuk mata pelajaran Matematika dalam ujian IGCSE. Ini merupakan pencapaian baru bagi SMAN Sumatera Selatan sebagai Cambridge International Examination (CIE) Center di wilayah Sumatera Selatan, kami sangat bangga kepada Shiqo dengan prestasi baru ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihak sekolah akan terus memfasilitasi minat dan bakat siswa, demi mencapai prestasi yang lebih baik lagi ke depannya, Atas prestasi yang telah diraih Shiqo pihak SMAN Sumatera Selatan memberikan penghargaan berupa sertifikat, medali, dan cinderamata.

Selain itu, Ia juga kemungkinan besar akan mendapatkan penghargaan dari Cambridge Indonesia di Jakarta, dalam hal ini pihak SMAN Sumatera Selatan masih menunggu undangan dari Cambridge Jakarta.
Selain memberikan penghargaan kepada Shiqo sambungnya, sebagai apresiasi kepada Guru Matematika tersebut karena telah berhasil mengantarkan siswa meraih nilai tertinggi pihaknyapun memberikan penghargaan kepada Guru Matematika IGCSE SMAN Sumatera Selatan, Bpk.Adi Purwanto, S.P. “Semoga hal ini dapat lebih memotivasi guru lain untuk melakukan yang terbaik bagi siswa SMAN Sumsel,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri

Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.