Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Pemkab Lahat Panen Padi Dalam Rangka PATB

0 3

LAHAT, rakyatrepublika.com-

Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Lahat melakukan kegiatan Panen Padi bersama dalam rangka kegiatan PATB tahun 2020 Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Bertempat di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat, Senin (14/06/2021).

Kegiatan tersebut langsung diikuti oleh Bupati Lahat didampingin Ketua Tim PKK Kabupaten Lahat dan dihadiri, Asisten, Kepala Dinas Pertanian Lahat, Jajaran Kepala SKPD Lahat, Dandim 0405/Lahat yang diwakili, Camat Lahat Selatan, Kepala Desa, Kelompok Tani, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainya.

Rangkaian kegiatan tersebut dikemas dengan laporan Kepala Dinas Pertanian Lahat, arahan Bupati Lahat Cik Ujang, SH, dilanjutkan dengan pemberian bantuan Bibit Tanaman dan Pupuk yang diserahkan langsung oleh Bupati Lahat dan diisi dengan panen Padi bersama.

Laporan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Eti Listina, Sp, MM mengatakan alhamdulilah kegiatan panen Padi dalam rangka peningkatan produksi malalui kegiatan perluasan areal tanam baru (PATB) tahun 2020 yang dengan bangga yang mana kegiatan ini langsung dihadiri oleh Bupati Lahat.

“Berdasarkan data kerangka sample area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 produksi padi di Kabupaten Lahat mencapai 70.278 ton dengan produktivitas 49,60 Kuintal. Angka produktivitas tersebut turun sekitar 0,83 Kuintal dan 4,36 Khuntal dari tahun 2018 yang mencapai 53, 96 Kuintal, untuk mengembalikan angka prduksi tersebut pada tahun 2021, salah satunya dengan kegiatan PATB Padi.

Dimana kegiatan tersebut menyasar pada 928 HA lahan bukaan baru baik ladang maupun sawah yang terlantar. Dimana setiap hektarnya diperbantukan benih padi unggul bersertifikat 40 KG/HA, pupuk NPK non subsidi 200 KG/HA, Herbisida, Pestisida, Pupuk hayati dan sumur Bor khusus untuk wilayah tertentu, ” paparnya.

Masih katanya diataran tengah Desa Tanjung Payang ini pertumbuhan Padi kegiatan PATB ini sangat baik dengan hasil 70 Kuintal, merupakan indikasi yang baik bagi meningkatan produksi Padi, diharapkan hasil memuaskan ini dapat diikuti okeh Kecamatan- kacamatan lainya.

“Kami menyadari bahwa permasalahan Budidaya Padi tidak terlepas dari unsur Organisme pengganggu tanaman (OPT) dan faktor alam. Untuk itu di tahun 2021 ini selain kegiatan PATB, telah diprogramkan bantuan Benih unggul baru untuk lahan sawah seluas 1.000 Ha dari Kementerian Pertanian. Dimana bantuan tersebut diharapkan dapat menjawab kelemahan Padi Ciherang yang umum ditanam di Lahat karena produksinya terus mengalami penurunan, “tambahnya.

Sementara arahan Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengatakan panen padi ini selama 2 tahun namum baru kali ini bisa dipanen disebabkan irigasinya ada masalah, insallah dalam waktu dekat ini akan dibangun oleh pihak terkait.

“Saya meminta Kepala Dinas PU Kabupaten Lahat, agar nantinya didalam perbaikan irigasi di Desa Tanjung Payang nantinya tolong dikontral pengerjanya jangan asal saja pengerjaanya, agar sawah masyarakat tersalurkan airnya dengan baik, ” pintanya.

Lanjutnya dengan nantinya irigasi dibangun berharap Petani dapat panen dengan baik sesuai yang diinginkan oleh para petani untuk meningkatkan mendapatan para petani yang ada di wilayah Kecamatan Lahat Selatan.

“Untuk pupuk insallah Pemerintah Kabupaten Lahat akan berupaya untuk membantu para petani, dan insallah semakin tahun semakin meningkat hasilnya, ” harapnya. (Ishak)

Leave A Reply

Your email address will not be published.