Mengungkap Fakta Dibalik Berita

SMA Sumsel Beri Ruang Kreatifitas Siswa Lewat Lomba Literasi

0 127

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-

SMAN Sumatera Selatan di tahun ajaran 2018/2019 kembali ditunjuk menjadi salah satu Sekolah Rujukan Nasional, penunjukkan ini merupakan yang ketiga kalinya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) – Direktorat Pembinaan SMA.

Sebagai salah satu Sekolah Rujukan Nasional, selain menjalankan Program Unggulan; Program Kepemimpinan, Kewirausahaan, Program Karya Tulis Ilmiah, dan Program Pengabdian Masyarakat, SMAN Sumatera Selatan memberikan ruang kreatifitas yang mengapresiasi semangat literasi siswa/i SMAN Sumatera Selatan melalui serangkaian lomba literasi. Lomba-lomba tersebut diikuti dengan antusias oleh para siswa SMAN Sumatera Selatan..

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan basket indoor ini dibuka oleh Kepala SMAN Sumatera Selatan yang diwakili oleh Ibu Kurniawati, M.Pd, selaku Waka Humas.

“Dengan adanya Kegiatan Sosialisasi Literasi dan Lomba Literasi Sekolah melalui Program Sekolah Rujukan 2018 ini, sekolah dapat menjadi ekosistem Gerakan Literasi Sekolah sehingga pada akhirnya peserta didik dapat mengembangkan minat mereka dalam membaca untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. ” ungkapnya. Febry Anggraini, S.Pd, person in charge (PIC) kegiatan lomba literasi.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan literasi di SMA dalam Program Sekolah Rujukan SMAN Sumatera Selatan terdiri dari pelaksanaan Sosialisasi Literasi Media yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018, Sosialiasi Literasi Keuangan dan Digital pada tanggal 25 dan 26 September 2018, dan terakhir adalah Lomba Literasi SMAN Sumatera Selatan pada 04 Oktober 2018.

“Lomba yang diadakan diantaranya adalah menulis cerpen ‘kisah inspiratif’, membaca puisi, dan pojok baca di setiap kelas. Setiap kelas dipenuhi dengan ornamen-ornamen hasil kreatifitas siswa yang menghiasi pojok baca, “ujarnya.

Dia juga mengatakan, kalau kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, menanamkan budaya membaca melalui program lomba pojok baca, serta sebagai sarana pengaplikasian kemampuan literasi yang sudah mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk Para pemenang akan mendapatkan bingkisan, piala dan sertifikat dari sekolah untuk mengapresiasi usaha dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh peserta,”tutupnya.

Reporter : Hasan Basri
Editor : Elan

Leave A Reply

Your email address will not be published.