Mengungkap Fakta Dibalik Berita

UPGRI Gandeng Pemkot Palembang Dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

0 82

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Salah satu upaya guna menuju akreditasi A dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi (PT) dan menjadi wadah KKN serta KKL mahasiswanya. Kali ink Universitas PGRI (UPGRI) Palembang melakukan kerja sama dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang.

Rektor UPGRI Palembang Bukman Lian mengatakan bahwa dalam rangka percepatan reakreditasi kampusnya dari terakreditasi B ke A, pihaknya kini menggandeng Pemkot Palembang untuk mewujudkan Tridharma PT.

“Garis besar MoU kita dengan Pemkot itu mewujudkan Tridharma PT. Kemudian mengembalikan kebudayaan KKN dan KKL mahasiswa FKIP dengan pusat kajian sriwijaya dan kajian pendidikan,” katanya, Senin (5/2/2018).

Selain itu, Bulman mengungkapkan bajwa pihaknya juga sudah menggandeng pihak Unsri untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri bersama.

“Kita juga menggandeng Unsri untuk publikasi jurnal dosen kita ditingkat internasional,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo, dirinya menyambut baik adanya kerjasama ini. Sebab ia menilai, dengan adanya MoU ini maka pihaknya juga dapat ikut andil dalam mendidik mahasiswa untuk merasakan dunia kerja yang sebenarnya.

“Kita siap tempatkan dan fasilitasi mahasiswa yang akan KKN dan KKL sesuai dengan jurusan mereka. Sebab dengan itulah kita mampu membantu memberikan pengalaman bagi mereka dan tidak menutup kemungkinan kalau mereka bakal jadi pemimpin di masa depan, karena dalam sebuah sistem belajar mengajar tidak cukup jika hanya mengandalkan teori saja, akan tetapi juga memerlukan praktik,” ujarnya.

Dikatakan Harnojoyo, Mahasiswa terkadang bosan dan kurang mengerti betul bagaimana deskripsi pekerjaan mereka, setelah terjun langsung ke lapangan mahasiswa bisa paham bahkan menguasai penuh sehingga bisa menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri tanpa terpaku pada media.

“Ingat, teori yang didapat kalau dipelajari dengan cara menghapal bukan tidak mungkin akan cepat lupa. Namun dengan adanya praktik, mahasiswa akan lebih mengingat dan memahaminya dengan baik,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri
Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.