Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Dandim 0418/Palembang Menghadiri Pembukaan MTQ

0 100

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, SE, M.Si, MM menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawyil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Palembang.

Acara tersebut bertempat di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (20/1/2018) malam yang berlangsung meriah dihadiri oleh ribuan masyarakat yang berkumpul guna menyaksikan acara pembukaan MTQ diiringi dengan hiburan dari Wali band yang menghipnotis para penonton dengan lantunan lagu-lagunya.

Pembukaan MTQ tingkat Kota Palembang yang dibuka langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo ini diawali dengan pawai Kafilah dari 18 Kecamatan se-Kota Palembang dihadapan Walikota Palembang dan jajaran FKPD serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan MTQ yang pertama kali dilaksanakan oleh pemerintah Kota Palembang yang dipusatkan di pelataran Benteng Kuto Besak ini sekaligus Louncing Palembang Madani Now antara lain display Al Qur’an Al Akbar, digital Al Qur’an, bioskop mini, 3 dimensi fotografi, panggung musik Islami, photobooth dan print gratis dan 101 foto unik Palembang Madani. Yang semuanya ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kota Palembang dari tanggal 22 hingga 27 Januari 2018. Acara semakin meriah dengan hiburan dari Wali band yang menghipnotis para penonton dengan lantunan lagu-lagunya.

Dalam kegiatan MTQ yang mengambil tema “Membumikan Al-Qur an membangun generasi Qur’ani menuju Palembang Emas” ini materi yang akan dilombakan antara lain lomba cabang Khot (kintemporer/khiasan, dekotasi dan naskah), lomba menulis Maqolah Al-Quran dan syarhil Qur’an serta fahmil Qur’an, Tahfidz Qur’an (Gol 1 Juz dan Tilawah, Gol 5 Juz dan Tilawah, Gol 10 Juz, Gol 20 Juz, serta Gol 30 Juz), Tafsir Qur’an (Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia) dan Tilawah Al-Quran ( Gol Tartil Qur’an, Gol Tilawah Anak-Anak, Gol Tilawah remaja dan dewasa, Gol Tilawah Cacat Betra, Gol Qiro’at Mujawwat, Gol Qiro’at Murottal remaja dan dewasa).

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan disela-sela acara pembukaan MTQ, dimana kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu syiar Islam yang harus selalu digelorakan. “Melalui MTQ ini, akan lahir qori dan qoriah berprestasi, mudah-mudahan hingga tingkat nasional dan yang paling penting nilai-nilai Al Qur’an selalu tertanam didalam diri setiap muslim,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala bagian kesejahteraan rakyat Setda Kota Palembang selaku Ketua Panitia Reza Pahlevi menjelaskan bahwa MTQ ini diikuti sebanyak 900 kafilah.

“Juara dan piala bergilir Walikota Palembang ini akan diperebutkan oleh 900 kafilah nantinya yang diselenggarakan dari tanggal 22 hingga 27 Januari 2018 yang dipusatkan di pelataran BKB Palembang,” pungkasnya.

Hadir dalam acara pembukaan MTQ tingkat Kota Palembang Walikota Palembang H. Harnojoyo, Anggota DPR RI Sofwatilah Mozaik, Dandim 0418/Palembang, Kapolresta Palembang, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Danlanal Palembang, Danlanud Palembang, Sekda dan Asisten Pemkot Palembang, para Camat se-Kota Palembang, para Lurah se-Kota Palembang, 50 orang Dewan Hakim MTQ dan warga masyarakat Kota Palembang sekitar 2.500 orang. (ril)

 

Editor : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.