Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Jokowi Resmikan Lima Venue dan Buka Kejurnas Perahu Naga Piala Presiden 2018

0 107

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-

Hari kedua kunjungan kerjanya di Palembang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan serangkaian kegiatan, tak hanya meninjau dan meresmikan pembangunan serta renovasi lim venue olahraga di Jakabaring Sport City (JSC) Jokowi juga membuka Kejuaraan Nasional Perahu Naga Piala Presiden 2018.

Lima venue yang ditinjau dan diresmikan tersebut masing-masing venue Bowling, Shooting Range, Skateboard, Volley Beach dan Dayung. Di venue shooting range dan bowling, Presiden Jokowi tampak beberapa kali menjajal langsung cabor yang akan dipertandingkan pada Asian Games tersebut dengan didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin sementara peresmian kelima venue itu sendiri ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Saat melakukan peninjauan,Jokowi didampingi Menpora Imam Nahrawi, Kapolri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Kedatangan nya kali ini dalam rangka melihat dan memastikan kesiapan Asian Games 2018. Karena itu diapun menyempatkan diri meninjau venue-venue yang akan dipakai dalam pertandingan nanti.

“Ada 14 venue yang ada di sini dan saya melihat hampir 99 persen sudah siap semuanya, tinggal hal yang kecil-kecil dan ini bisa dikerjakan 1-2 minggu. Hari ini juga kita akan lihat venue untuk dayung dan pada hari ini ada piala presiden dayung untuk pemansan menuju Asian Games 2018,”ujarnya.

Mengenai target lanjut Jokowi lagi, dirinya mengaku sudah memberikan arahan kepada Menpora agar Indonesia minimal harus masuk 10 besar.” Karena pada Asian Games yang lalu Indonesia harus puas berada di urutan ke-17, target kita harus masuk 10 besar,” tegas Jokowi.

Usai melakukan peninjauan Jokowi mengatakan bahwa Indonesia patut mengucapkan syukur karena persiapan sudah sangat matang, Jokowi juga memastikan bahwa Indonesia siap menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh atlet dari 45 negara dan official yang akan datang kurang kebih 16 ribu dan dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim saya nyatakan Lomba Dayung Piala Presiden dimulai,” ujarnya disambut tepuk tangan tamu undangan.

Disinggung soal ancaman kebakaran saat perhelatan Asian Games, Jokowi mengatakan sudah melakukan antisipasi jauh-jauh hari dengan melibatkan semua institusi termasuk Pangdam, Kapolda sampai Kapolres. “Bukan karena hanya akan ada Asian games saja, kalau ada api kecil kita serbu dan selesaikan,” pungkasnya.

Sementara itu Menpora Imam Nahrowi menjelaskan semua cabor adalah unggulan, namun khusus untuk dayung pihaknya menargetkan dua medali emas pada Asian Games Agustus mendatang, begitu juga dengan cabang olahraga panjat tebing.

“Kita siapkan bonus Rp 1,5 miliar bagi peraih medali emas dan diangkat PNS serta kita berikan rumah,” jelasnya di sela peresmian venue dayung.

Terkait pengelolaan venue pasca Asian Games, Menpora mengatakan tidak menutup kemungkinan akan mulai menyiapkan pergeseran Pelatnas untuk cabang-cabang olahraga yang ada di Palembang. (Mella)

Leave A Reply

Your email address will not be published.