Mengungkap Fakta Dibalik Berita

Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah – Yayasan Cendikia Faiha Ini Jalin Kerjasama 

0 144

PALEMBANG, rakyatrepublika.com-Meski masih berusia satu tahun, fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang telah menjalin berbagai kerjasama ke beberapa stakeholders dalam upaya peningkatan pendidikan. Dalam keberhasilannya ini, Civitas akademik Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang melakukan tasyakuran di lantai 3 Gedung Rektorat, Kamis (11/1/2018).

Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah sudah menjalin bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kemenag Babel dalam bidang assessment psikologi. Kerjasama ini dilakukan sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kualitasnya sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi. “Bertepatan dengan tasyakuran ini, kami kembali menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholders lain, salah satunya Yayasan Cendikia Faiha Palembang,” ujar Dekan Fakultas Psikologi Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA. 

Dikatakan Prof. Dr. Ris’an, Adapun bentuk kerjasama yang diberikan berupa Memorandum of Agreement (MoA). Dalam kerjasama ini, mahasiswa Fakultas Psikologi akan memberikan bimbingan konseling kepada siswa yang belajar di sekolah berbasis Islam tersebut.

“Bentuknya konseling karena suasana pembelajaran di sekolah dasar pasti tidak akan terlepas di bidang psikologi. Oleh sebab itulah, kita coba menjalin kerjasama dengan Yayasan Cendikia Faiha,” katanya.

Dia mengaku, kebutuhan kerjasama bagi lembaga pendidikan sangat diperlukan. Mengingat, sarana prasarana yang dimiliki fakultas masih sangat minim. “Namun, berkat adanya saling pengertian dan kerjasama dari berbagai komponen serta kesabaran dari mahasiswa maupun dosen, proses perkuliahan di Fakultas Psikologi tetap berjalan dengan baik. Saya sangat mensyukuri hal itu,” jelasnya.

Seperti diketahui, proses perkuliahan di Fakultas Psikologi masih menempati beberapa gedung fakultas lain seperti Tarbiyah dan Program Pascasarjana (PPs). Tak hanya itu, jumlah dosen juga masih sangat minim sebanyak 15 orang. “Baru-baru ini ada penerimaan dosen tetap non ASN sebanyak 6 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang Dr. Rr. Rina Antasari, M.Hum menyambut gembira adanya kesepakatan kerjasama antara Fakultas Psikologi dengan Yayasan Cendikia Faiha.

Menurut dia, kesepatan tersebut merupakan aktualisasi dalam mengimplementasi pembangunan pendidikan. “Intinya, Kerjasama bisa dilakukan sepanjang kebutuhan dari dua lembaga tersebut, dalam upaya untuk membangun Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pungkasnya.

 

Reporter : Hasan Basri

Editor      : Arman

Leave A Reply

Your email address will not be published.